LAPORAN UJIAN SPSS
UJIAN AKHIR SEMESTER V
Nama
: Selvia Forentina
Kelas
: III A
NIM
: 094114125
Jurusan
: Kebidanan Poltekkes Kemenkes Padang
1.
Langkah-langkah
exsport data ke SPSS di Epidata
Buka
program EPIDATA => Klik exsport data =>
klik spss =>
pilih nama file yang akan di exsport => open data yang
akan di exsport => klik OK
Langkah-langkah Exsport
data di SPSS
Buka
program SPSS =>
klik File =>
open =>
klik new Syntax => Pilih data =>
Klik Open =>
pilih file yang sudah di exsport tadi => klik Run all =>
Perbaiki nama variable dan buat value labels => Blok semua data
d syntax =>
Klik Run Curent untuk menampilkan data kedalam data view =>
yang di hapus pada variable view yang tidak diperlukan.
2.
Langkah-langkah
dalam mengcleaning data
Untuk
cleaning data yang missing:
· Klik
analyze =>
klik descriptive statistics => klik frequencies =>
pilih variable yang akan di cleaning => klik ok =>
lihat jumlah data yang missing
· Klik
data =>
klik shortcases => pilih variable yang sudah di lihat
jumlah missing nya => klik ok => delete data
yang ada tanda missing nya (.)\
3.
a. Batasan
yang digunakan dalam mengcleaning data numerik
Untuk
umur :
17 - 40
Tinggi
badan :
145 - 175
Berat
badan :
40 - 80
Tekanan
darah sistol : 100 - 170
Tekanan
darah diastole : 60 - 120
Kadar
hb : 8 –
14
b. Jumlah data sebelum di cleaning
16287 data
c. Jumlah data sesudah di cleaning
13361
data
4.
Out
put analisis univariat salah satu variable kategorik
Analisis
univariate pada variabel pendidikan
- Klik Klik analyze- deskriptive statistic
- Pilih frekuensi
- Pilih variabel pendidikan ibu (didik)
- Klik charts
- Pilih histograms
- Klik continue, OK
5.
Analisis
univariat seluruh variable numerik (desain ulang table dan komentar hasil)
Analisis univariate pada
seluruh variabel numerik
- Klik Klik analyze- deskriptive statistic
- Pilih deskriptives
- Pilih semua variabel numerik
- Klik options
- Pilih mean,minimum, maximum, std. deviation, skewness
- Klik continue, OK
KOMENTAR
HASIL:
- Rata - rata umur ibu (tahun) : 27.80
- Rata - rata Tinggi Badan (cm) : 157.762
- Rata - rata Berat Badan (kg) : 55.720
- Rata - rata TD Sistolik : 116.42
- Rata - rata TD Diastolik : 81.26
- Rata - rata Kadar HB (mmHg) : 11.661
6. Langkah-langkah
transformasi data
· Klik
transform =>
recode into different variables => pilih variables
yang akan di transform => ketik nama dan label =>
klik change =>
klik old and new values => tentukan old value dan new value nya =>
klik continue =>
klik ok
7. Langkah-langkah
transformasi data
·
Klik transform =>
klik compute variable => ketik target variable yang di inginkan =>
IMT =>
ketik numeric exspresion => klik type and labels =>
ketik labels =>
klik continue =>
klik ok =>
klik paste
·
Klik transform =>
recode into different variables è=> pilih variables
yang akan di transform => ketik nama dan label =>
klik change =>
klik old and new values => tentukan old value dan new value nya =>
klik continue =>
klik ok
8.
Langkah-langkah
pada setiap uji dan hasil setiap langkah di Word, termasuk interpretasinya.
Analisis
Bivariate
7 langkah ringkas
Analisis Bivariate:
1. Identifikasi variable dalam tujuan
penelitian dan tentukan hipotesis penelitian
2. Identifikasi field dalam database
3. Tentukan karakteristik field (K/N)
4. Tentukan analisis sementara
5. Apabila terdapat variable numericèlakukan
uji normality
6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI
tertentu, uji, baca hasil dan interpretasikan hasil.
7. Bahas hasil
a). bandingkan dengan teori yang dipakai
, yang sesuai
b). Bandingkan penelitian sejenis dan
/atau data sekunder sejenis
a. Untuk
mengetahui hubungan antara pendidikan dengan pekerjaan
1. Identifikasi
variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Pendidikan
·
Dependen : Pekerjaan
2. Identifikasi
field dalam database
·
Independen : didik
·
Dependen : kerja
3. Tentukan
karakteristik field (K/N)
·
didik : K
·
kerja : K
4. Tentukan
analisis sementara : Uji Beda Proporsi
5. Apabila
terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : tidak ada
6. Rumuskan
hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil
(Ho Pengujian) :
§ P
= 0,000
§ Ho
= Ditolak
§ Ada
perbedaan proporsi antara pendidikan dengan pekerjaan, BERARTI ada hubungan
pendidikan dengan pekerjaan.
7. Bahas
Hasil :
Hasil
pengujian Ini sesuai dengan teori yang telah ada bahwa orang yang memiliki
pendidikan tinggi cenderung akan mendapatkan pekerjaan yang tinggi pula
b. Untuk mengetahui
hubungan antara umur dengan kadar Hb
1. Identifikasi
variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Umur
·
Dependen : Kadar Hb
2. Identifikasi
field dalam database
·
Independen : umur
·
Dependen : HB
3. Tentukan
karakteristik field (K/N)
·
umur : N
·
Hb : N
4. Tentukan
analisis sementara : Uji Korelasi Regresi
5. Apabila
terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : ada, DATA TIDAK NORMAL,
dan data sudah di normalkan.
6. Rumuskan
hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil
(Ho Pengujian) :
P
= 0,125
Ho
= Diterima
Tidak
ada perbedaan Korelasi Regresi antara
umur dengan kadar hb, BERARTI tidak ada hubungan umur dengan kadar hb.
7. Bahas
Hasil :
Hasil
pengujian Ini sesuai dengan teori yang telah ada bahwa orang yang berumur lebih
muda belum tentu mempunyai HB rendah atau sebaliknya
c.
Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan kontrasepsi yang dipilih
dalam ber-KB
1. Identifikasi
variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Tingkat Pendidikan
·
Dependen : kontrasepsi yang dipilih
2. Identifikasi
field dalam database
·
Independen : didik
·
Dependen : ksepsi
3. Tentukan
karakteristik field (K/N)
·
didik : K
·
ksepsi : K
4. Tentukan
analisis sementara : Uji Beda Proporsi
5. Apabila
terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : tidak ada
6. Rumuskan
hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil
(Ho Pengujian) :
§ P
= 0,000
§ Ho
= Ditolak
§ Ada
perbedaan proporsi antara antara tingkat
pendidikan dengan kontrasepsi yang dipilih dalam ber-KB, BERARTI ada
hubungan tingkat pendidikan dengan
kontrasepsi yang dipilih dalam ber-KB
7. Bahas
Hasil :
Hasil
pengujian Ini sesuai dengan teori yang telah ada bahwa orang yang memiliki
pendidikan tinggi cenderung akan memilih alat kontrasepsi yang lebih baik
Lempiran
hasil
d.
Untuk mengetahui hubungan antara pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan kadar
Hb dalam darah ibu hamil
1.
Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Pernah atau tidak mendapat
tablet Fe
·
Dependen : Kadar Hb
2.
Identifikasi field dalam database
·
Independen : Tfe
·
Dependen : Hb
3.
Tentukan karakteristik field (K/N)
·
Tfe : K
·
Hb : N
4.
Tentukan analisis sementara : Uji Beda Rata-Rata
5.
Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : ada, NORMAL
6.
Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan
hasil (Ho Pengujian) :
·
P = 0,000
·
Ho = Ditolak
·
Ada perbedaan rata-rata antara pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan
kadar Hb dalam darah ibu hamil, BERARTI ada hubungan pernah atau tidak dapat tablet Fe dengan
kadar Hb dalam darah ibu hamil.
7.
Bahas Hasil :
Hasil
pengujian Ini sesuai dengan teori yang telah ada bahwa orang yang tidak pernah
mendapat tablet Fe, cenderung memiliki kadar Hb yang rendah, dan sebaliknya.
e.
Untuk hubungan antara tekanan darah (sistolik/diastolik) dengan golongan darah
A.
Sistolik
1.
Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Tekanan Darah Sistolik
(Hipertensi, Tidak Hipertensi)
·
Dependen : Golongan Darah
2.
Identifikasi field dalam database
·
Independen :sistol2
·
Dependen : darah
3.
Tentukan karakteristik field (K/N)
·
Sistol1 : K
·
darah1 : K
4.
Tentukan analisis sementara : Uji Beda Proporsi
5.
Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : tidak ada
6.
Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan
hasil (Ho Pengujian) :
·
P = 0,081
·
Ho = Diterima
·
Ada perbedaan proporsi antara antara tekanan darah sistolik dengan golongan darah
ibu berarti ada hubungan tingkat tekanan darah sistolik dengan
golongan darah ibu.
7.
Bahas Hasil :
Hasil
pengujian Ini sesuai dengan teori yang telah ada bahwa orang memiliki golongan
darah A cenderung lebih sering hipertensi sistolik daripada golongan darah yang
lain.
B. Diastolik
1.
Identifikasi variabel dalam tujuan penelitian
·
Independen : Tekanan Darah Diastolik
(Hipertensi, Tidak Hipertensi)
·
Dependen : Golongan Darah
2.
Identifikasi field dalam database
·
Independen : diastol1
·
Dependen : darah
3.
Tentukan karakteristik field (K/N)
·
Diastol1 : K
·
darah1 : K
4.
Tentukan analisis sementara : Uji Beda Proporsi
5.
Apabila terdapat variabel numerik -> lakukan uji normality : tidak ada 6. Rumuskan hipotesis pengujian pada CI 95% , uji, baca hasil, dan interpretasikan hasil (Ho Pengujian) :
P = 0,000
Ho = Ditolak
Ada perbedaan rata-rata antara tekanan darah diastolik dengan golongan darah,
BERARTI ada hubungan tekanan darah
diastolik dengan golongan darah.
7.Bahas Hasil
Hasil
pengujian Ini sesuai dengan teori yang telah ada bahwa orang memiliki golongan
darah AB cenderung lebih sering hipertensi diastolic dari pada golongan darah
yang lain.
Kalau ingin lihat lebih lengkap tentang Syntax, Output, Tabel, dan Data silahkan Download disini... :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar